1.Hair dan Beauty Salon
Hair dan beauty salon (salon kecantikan) ini diadakan agar kebutuhan para tamu baik pria maupun wanita untuk pengaturan dan perawatan rambut bisa terlaksana di hotel tempat mereka menginap.
Sehingga hal ini sangat praktis bagi para tamu yang akan menghadiri acara-acara tertentu misalnya: rapat, resepsi pernikahan, undangan lainnya yang memerlukan penampilan dan gaya tersendiri karena harus menyesuaikan dengan pakaian yang disiapkan secara khusus untuk menghadiri acar-acara tersebut.
Hair dan beauty salon biasanya melayani :
1. Pemotongan rambut
2. Rebonding rambut
3. Pengecatan rambut
4. Highlighting
5. Creambath
6. Facial
7. Pelurusan rambut keriting dan sebaliknya
8. Pijat refleksi
9. Manicure & pedicure.
2. Rebonding rambut
3. Pengecatan rambut
4. Highlighting
5. Creambath
6. Facial
7. Pelurusan rambut keriting dan sebaliknya
8. Pijat refleksi
9. Manicure & pedicure.
Jam operasional hair dan beauty salon :
Senin-Sabtu : 10 00 WIB s/d 20 00 WIB
Minggu dan hari libur : 10.00 WIB s/d 18.00 WIB
Senin-Sabtu : 10 00 WIB s/d 20 00 WIB
Minggu dan hari libur : 10.00 WIB s/d 18.00 WIB
Catatan:
Diluar jam tersebut diatas biasanya para tamu bisa mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan para tamu dengan catatan yang biasanya adalah harus membuat janji sehari sebelumnya. Dalam hal ini manajemen hotel biasanya tidak mengelola hair dan beauty salon sendiri tetapi mengundang pihak ketiga untuk melakukannya dengan cara bagi hasil atau menyewakan tempat saja.
Diluar jam tersebut diatas biasanya para tamu bisa mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan para tamu dengan catatan yang biasanya adalah harus membuat janji sehari sebelumnya. Dalam hal ini manajemen hotel biasanya tidak mengelola hair dan beauty salon sendiri tetapi mengundang pihak ketiga untuk melakukannya dengan cara bagi hasil atau menyewakan tempat saja.
Hair dan Beauty Salon |
2.Transportation dan Limousine Service (Pelayanan Transportatsi & Limo)
Keamanan para tamu hotel selama menginap dan mengadakan perjalanan di tempat-tempat tertentu adalah sangat penting untuk dijaga sehingga citra hotel akan selalu baik dan professional. Untuk menjamin kelancaran transportasi bagi para tamu hotel yang memerlukan sarana transportasi, biasanya hotel bintang 4 & 5 mengadakan kerja sama dengan pengusaha dan pengelola transportasi yang sudah diketahui kualitasnya oleh Manajemen hotel. Tujuannya adalah pengaturan transportasi di hotel adalah:
a. Bisa dijamin tersedianya kendaraan di hotel selama 24 jam
b. Bisa dijamin terjaganya keselamatan para tamu hotel selama menggunakan kendaraan
c. Bisa dijamin kebersihan dan layaknya fungsi kendaraan yang digunakan oleh para tamu
d. Bisa dijamin kualitas pengendara sehingga membuat akan sangat efisien dalam mengadakan perjalanannya
e. Bisa segera diurus jika ada barang-barang tamu yang tertinggal di kendaraan yang disewanya
f. Manajemen hotel mendapatkan profit sharing dari kegiatan usaha ini bisa diatur dengan baik, dan pihak hotel juga mendapatkan profit sharing
g. Bisa diberikan beberapa pilihan bagi tamu untuk menggunakan kendaraan seperti:
b. Bisa dijamin terjaganya keselamatan para tamu hotel selama menggunakan kendaraan
c. Bisa dijamin kebersihan dan layaknya fungsi kendaraan yang digunakan oleh para tamu
d. Bisa dijamin kualitas pengendara sehingga membuat akan sangat efisien dalam mengadakan perjalanannya
e. Bisa segera diurus jika ada barang-barang tamu yang tertinggal di kendaraan yang disewanya
f. Manajemen hotel mendapatkan profit sharing dari kegiatan usaha ini bisa diatur dengan baik, dan pihak hotel juga mendapatkan profit sharing
g. Bisa diberikan beberapa pilihan bagi tamu untuk menggunakan kendaraan seperti:
- Menyewa dengan perhitungan jam
- Menyewa dengan perhitungan harian
- Menyewa dengan sistem pembayaran ditagihkan ke hotel dengan menggunakan voucher
- Menyewa dengan sistem argometer (taxi yang bekerja sama dengan hotel misalnya blue bird and silver bird)
Untuk limousine sebenarnya tidak beda dengan apa yang sudah kita bahas diatas, hanya saja dalam Limousine para tamu diberikan beberapa pilihan untuk jenis dan merk kendaraannya dan tingkat pelayanan yang lebih tinggi kualitasnya misalnya:
merk kendaraan dan biasanya sedan dan plat hitam :
- BMW
- Mercedes Benz
- Jaguar dan lainnya
Fasilitas di dalam Kendaraan sebagai berikut :
- Mini Bar
- Koran dan Majalan
- Tissue kering dan basah
- Parfum dan lain-lain.
Pengemudi memenuhi kriteria sebagai berikut :
- Berpakaian lebih rapi dan memakai jas lengkap layaknya ajudan atau asisten tamu tersebut.
- Minimal bisa berbahasa Inggris aktif/bisa berkomunikasi dengan baik .
Transportation dan Limousine Service |
3.Valet Parking (Pelayanan Jasa Parkir)
Dalam perkembangan gaya hidup atau life style, membuat anggota masyarakat banyak yang berkendaraan pribadi tanpa menggunakan pengemudi dan hal ini ada beberapa pertimbangan sebagai berikut:
a. Lebih praktis dan tidak terganggu
b. Lebih leluasa mengatur waktu berkendaraan
c. Tidak perlu menggaji pengemudi
d. Setiap tiba ditempat yang dituju dalam hal ini hotel sudah menyediakan jasa pelayanan parkir (valet parking).
a. Lebih praktis dan tidak terganggu
b. Lebih leluasa mengatur waktu berkendaraan
c. Tidak perlu menggaji pengemudi
d. Setiap tiba ditempat yang dituju dalam hal ini hotel sudah menyediakan jasa pelayanan parkir (valet parking).
Untuk jasa pelayanan parkir ini banyak hotel yang mengajak pihak ketiga yang sudah berpengalaman di bidang jasa pelayanan parkir ini dengan tujuan sebagai berikut:
- Tidak perlu menambah karyawan
- Tidak menanggung resiko jika ada kerusakan kendaraan
- Tidak mudah mencari karyawan yang mengerti mengendarai mobil mewah
- Hotel mendapatkan citra yang lebih baik
- Hotel mendapatkan profit sharing dari usaha ini.
Valet Parking |
*dari berbagai sumber |