Terminologi hotel pada ACCOUNTING



1.       Account payable
       Bagian departemen Accounting yang bertanggung jawab terhadap pencatatan pembelian yang telah disetujui, dan memproses jatuh tempo pembayaran dari pembelian barang-barang.
2.       Account Receiveble
       Bagian Accounting yang bertanggung jawab memeriksa dan melakukan penagihan jatuh tempo kepada tamu, penyewa ruangan,
3.       Beverage Revenue
       Pendapatan bersih dari penjualan minuman diseluruh outlet
4.       Biaya non operating
       Biaya yang timbul selain yang sudah dibebankan kepada departemen. Contoh : Sewa, pajak, biaya bank, depresiasi dan asuransi.
5.       Bookeeping Rate / Ratio
       Rate terhadap USD yang digunakan oleh pihak hotel untuk mencatat revenue
6.       Bookkeeper
       Seseorang yang bertugas bertangung jawab untuk semua aspek pengontrolan keuangan & pembukuan dihotel.
7.       Buku Harian / Jurnal
       Dokumen tempat mencatat transaksi-transaksi yang menyebabkan perubahan harta dan utang, contoh : Buku Kas, Buku Bank, Buku Penjualan dan Buku Memorial.
8.       Buku Besar
        Buku kumpulan perkiraan- perkiraan
9.       City Ledger
       Daftar tagihan untuk tamu yang sudah melakukan check out / keluar dari hotel
10.    Colector
       Bagian accounting yang bertanggung jawab untuk keseluruhan pengiriman tagihan, penerimaan pembayaran account receivable dan other receivable.
11.    Cost Accounting
       Bidang akuntansi terutama bertujuan memenuhi kebutuhan
       managemen akan informasi biaya.
12.    Cost Control
       Seksi di Accounting Departemen yang mempunyai fungsi memberikan control terhadap cost perusahaan.
13.    Corkage Charge
       Biaya tambahan yang dibebankan kepada tamu yang membawa makanan dan minuman dari luar hotel pada waktu yang bersangkutan mengdakan acara di hotel ( banquet ).
14.    Control Accounting
       Informasi accounting yangdisajikan dan dipergunakan untuk mengukur kegiatan yang dilakukan perusahaan apakah sesuai dengan rencana, dengan melalui 3 tahap, yaitu Penetapan rencana, pelaksanaan rencana, dan Laporan pelaksanaan rencana melalui accounting.
15.    Distribution Departemen
       Biaya-biaya dari departemen yang dialokasikan ke seluruh departemen yang memerlukan sehingga pada tutup buku dalam departemen ini menunjukkan ngaka nol atau habis.
16.    Deposit
       Uang panjar yang diberi,an untuk memesan kamar hotel.
17.    Decision Accounting
       Keputusan manager Accounting, salah satu pekerjaan yang penting dari manager ialah mengambil keputusan.
18.    Dokumen Dasar
       Formulir-formulir yang merupakan dasar dari semua pencatatan.
       Contoh : Kwitansi, Order pembelian, faktur. 
19.    Dropping Dana
       Penyerahan sejumlah dana yang digunakan untuk keperluan operasional hotel.
20.    External Reporting
        Laporan accounting untuk pemegang saham, pemerintah dan lain-lain.
21.    Exchange Rate
       Rate yang ditetapkan pihak hotel untuk penukaran mata uang asing
22.    Financial Accounting
       Bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan laporan keuanagn secara berkala untuk memenuhi kebutuhan  pihak luar perusahaan ( kreditur, pemegang saham, calon investasi, pajak, dan orang-orang di luar managemen dan didalam perusahaan yaitu managemen sendiri.
23.    Fair Share
       Prosentase tamu yang diperoleh hptel dibanding kan dengan keseluruhan kamar yang dimiliki kompetitornya.
24.    Front office Cashier  ( FOC )
       Bagian kantor depan hotel yang mengurus masalah pembayran oleh tamu hotel.
25.    Food Revenue
       Pendapatan bersih dari penjualan makanan di seluruh outlet.
26.    General Cashier
       Bagian accounting yang bertnaggung jawab terhadap keseluruhan proses penerimaan tunai & pembayarn dana-dana dan mengelola housebank.
27.    General Account
       Rekening bank yang menampung semua pendapatan yang diterima di hotel.
28.    Gross Operation Profit ( GOP)
       Laba sebelum biaya penyusutan, bunga dan pajak.
29.    Guest Ledger
       Daftar tagihan untuk tamu yang sifatnya masih menginap di hotel.
30.    Guest Bill
       Rekening / bill tamu, rekening yang harus dibayar untuk biaya sewa kamar & hidangan hotel.
31.    General Account
       Rekening bank yang menampung semua pendapatan yang diterima hotel.
32.    Harga Pokok Penjualan
Perhitungan atas cost of Good Sold didapat dari persediaan awal ditambah pembelian dikurangi dengan persediaan akhir.
33.    Income Audit
       Bagian accounting yang bertanggung jawab mencatat semua revenue ke general ledger ( buku besar )
34.    Internal Reporting to Manager
       Laporan Accounting yang digunakan oleh Manager untuk membuat rencana pengawasan routine.
35.    Iron Stock
       Stock minimkum yang harus adadi gudang  untuk kelancaran opersional perusahaan.


36.    Keuangan
       Suatu aktivitas yang berkenaan dengan biaya yang umumnya dinyatakan dengan uang.
37.    Managemen
       Suatu aktivitas menggerakkan segenap orang dan fasilitas yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerj  sama untuk mencapai tujuan tertentu.
38.    Market List
       Daftar permintaan embelian kebutuhan harian kitchen yang disusun oleh chef.
39.    Market share
       Kontribusi tamu yang berhasil diperoleh hotel dari pihak kompetitornya.
40.    Minibar Revenue
       Pendapatan bersih dari penjualan minibar di seluruh kamar.
41.    Modal
       Hak sipemakai atas harta perusahaan
42.    Neraca Lajur
       Angka-angka neraca awal dan mutasi selama masa pembukuan yang terdapat dalam ledger dijumlah dan dicatat yang disebut Neraca Percobaan.
43.    Night Audit
       Bertangung jawab untuk balancign pembayarn ( nerac apendapatan, menerima pembayaran pendapatan hotel  dan sumarize revenue report ( Rekapitulasi Laporan Pendapatan )
44.    Operating  Account
       Rekening bank untuk keperluan dana operasional hotel.
45.    Over/ short
       Kelebihan / kekurangan pembayaran.
46.    Overbooking
       Kelebihan pesanan, yaitu suatu keadaan yang menunjukkan jumlah pemesan lebih banyak dari pada jumlah kamar yang tersedia.
47.    Paid Out
       Pengeluaran uang House bank yang dilakukan Front Office untuk keperluan tamu ( misalnya untuk pembayaran taxi, becak ) dan akan masuk sebagai tagihan tamu.
48.    Par Stock
       Jumlah operating equipment ( khusus linen ) yang harus ada perusahaan untuk menjamin kelancaran operasioan.
49.    Registration Card
       Kartu daftar tamu yang terdaftar di suatu hotel.
50.    Rack Rate
       Tarif kamar yang berlaku di suatu hotel.
51.    Replacement
       Pencadangan / penggantian untuk barang-barang operating equipment ( linen, chinaware, glassware & Silverware ).
52.    Refund
       Pengembelian kelebihan uang tamu.
53.    Sales Coefisien
       Besarnya prosentase Ratio total Revenue dibandingkan dengan besarnya pendapatan dari room departemen.
54.    Signed
       Tertanda atau ditandatangani.
55.    Selisih Kurs
       Selisih yang terjadi karena adanya perbedaan antara kurs pasar dengan kurs yang dicatat perusahaan
56.    Service Charge
       Ongkos pelayanan dikenakan atas jasa-jasa yang dinikati oelh tam,u selam tinggal di hotel /restaurant, sesuai dengan keputusan yang berlaku.

57.    Room Revenue
       Pendapatan bersih dari penjualan kamar.
58.    Standing Order ( STO )
       Penarikan daa yang dilakukan oeh Divisi Dana ( Jakarta ) setiap bulannya.
59.    Taxes
       Pajak atau peraturan –peraturan.
60.    Telephone  Charge
       Biaya telepon yang dibebankan kepada tamu.
61.    Operating Account
       Rekening bank keperluan dana operasional hotel.
62.    Other Revenue
       Pendapatan bersih di luar penjualan Room, food & Baverage.
63.    Void
       Pembatalan atas transaksi yang sudah terjadi.