Terminologi hotel pada FRONT OFFICE




1.       Adjoining Rooms
Kamar gabung, dua kamar atau lebih yang berdampingan tanpa dihubungkan oleh pintu. Jadi pemesan kamar dapat saling berkomunikasi secara leluasa dengan rekan atau keluarga yang tinggal di kamar sebelah
2.       Arrival Date
       Tanggal kedatangan wisatawan ke suatu objek wisata atau negara tujuan wisata
3.       Arrival List
          Daftar kedatangan tamu
4.       Available Room
Jumlah kamar tersedia yang dapat disewa oleh pemesan
5.       Average Length of Stay
Rata-rata masa tinggal, yakni angka yang diperoleh dari jumlah bermalam dari wisatawan dibagi dengan jumlah wisatawan itu dalam jangka waktu tertentu
6.       Average Room Rate
Biaya rata-rata sewa kamar
7.       Baby Cot
       Tempat tidur gantung untuk bayi yang disediakan oleh hotel
8.       Baby Crib
Tempat tidur kecil untuk bayi yang disediakan hotel
9.       Back of the House
Hotel bagian belakang; bagian hotel yang tidak langsung berhubungan dengan tamu, misalnya ruang dapur, binatu, ruang perlatan hotel, ruang administrasi dll
10.    Bed Cover
       Kain penutup tempat tidur yang harus dilipat oleh room boy / maid ketika tamu akan tidur
11.    Bed Mat
       Lapisan kasur sebelum diberi lapisan sprei
12.    Bell Boy
       Petugas bagian depan hotel yang melayani tamu-tamu masuk ke kamar yang dipesan
13.    Booking (Reservation)
       Pemesanan di tempat-tempat penginapan (hotel, motel, losmen)
14.    Buffet
       Sistem pelayanan hidangan yang disajikan di meja besar dan tamu dipersilahkan
       memilih sendiri hidangan yang disukai. Di Indonesia lebih dikenal dengan istilah prasmanan
15.    Bungalow
Tempat peristirahatan yang tidak berbentuk hotel, namun menyediakan fasilitas fasilitas penginapan untuk sejumlah orang
16.    Business Center
              Bagian dari hotel yang memberikan pelayanan seperti fotocopy, penyewaan computer, layanan internet dll
17.    Cabana
       Kamar yang dihubungkan dengan kolam renang, tidak merupakan bagian bangunan inti hotel, karenanya tidak selalu disediakan fasilitas untuk tidur.
18.    Cancellation
Pembatalan pemesanan kamar hotel
19.    Check-in
       Tamu masuk hotel dan mendaftarkan diri di bagian penerimaan (Receptionist)
20.    Check-list
       Lembar / daftar pemeriksaan

21.    Check Out
Tamu pergi meninggalkan hotel setelah menyelesaikan perhitungan rekening / bill hotel
22.    Collect Call
Penggunaan jasa telephone dengan biaya ditanggung penerima. Misal : seorang wisatawan ingin berkomunikasi dengan keluarganya di luar negeri. Karena tarif yang mahal, wisatawan tersebut ingin biaya ditagihkan ke penerima. Operator akan menanyakan terlebih dahulu kesediaan penerima
23.    Complimentary
Pemakaian fasilitas hotel (kamar, makanan dll) yang tidak dipungut bayaran (cuma-cua)
24.    Concierge
Bagian suatu organisasi hotel yang melayani tamu-tamu sejak menginjakan kaki di depan pintu hotel hingga meninggalkan hotel. Misal : informasi umum, membukakan pintu kamar, membawakan barang-barang tamu ke kamar, juga melayani beberapa permintaan dan pesanan tamu lainnya.
25.    Confirmed Reservation
Penegasan dari petugas hotel yang menerangkan bahwa pesanan kamar sudah diterima (via surat maupun telepon) denga batas waktu sampai jam 18.00. Namun jika s.d jam telah ditentukan kamar terisi penuh (full house) petugas harus mengupayakan agar tamu dapat memperoleh kamar di hotel lain (biasanya ada semacam kerjasama antar hotel mengenai ini)
26.    Connecting Room
Kamar-kamar yang digabungkan / dihubungkan dengan pintu khusus sehingga tamu tidak perlu lewat koridor
27.    Continental Breakfast
Menu sarapan gaya kontinental terdiri dari minuman (kopi, coklat, susu, teh) yang disajikan bersama roti bakar dan selai (selai nanas, jeruk, strawbery, dll) continental breakfast gaya Belanda atau Norwegia selain dihidangkan diatas, ditambah lagi dengan hidangan keju dan daging / ikan dingin.
28.    Continental Plan
Tarif hotel dengan makan pagi, maksudnya tarif yang dikenakan terhadap yang menginap di hotel itu sudah termasuk sarapan pagi
29.    Contracted Rate
Tarif yang disetujui oleh kedua belah pihak, terutama tarif yang dikenakan rombongan dalam jumlah banyak/perusahaan/travel Agent dll
30.    Cover Charge
Biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang memasuki suatu ruangan untuk menikmati pertunjukan yang diselenggarakan di tempat itu. Misal : klab malan (night club). diskotek (discotheque) dan theater. Cover charge biasanya termasuk juga dengan makanan / minuman yang disajikan selama menonton acara tersebut.
31.    Croutons
Potongan roti yang dibakar atau digoreng dengan mentega untuk pengiring makan sop panas
32.    Daftar Tunggu (Waiting List)
Daftar yang disediakan untuk para tamu yang belum mendaftar diri memesan kamar dan belum memesan sebelumnya

33.    Day Use
Pemakaian kamar hanya beberapa jam di tempati.
34.    Deluxe Room
Kamar kelas utama suatu hotel, ukuran kamar lebih besar, kualitas sarana lebih baik, pelayanan-pelayanan khusus yang berbeda dari kelas standar
35.    Departure Date
Tanggal keberangkatan tamu dari suatu hotel, biasanya dihitung setelah check-out
36.    Departure List
Daftar keberangkatan tamu dari hote
37.    Deposit
Uang panjar / persekot yang diberikan tamu terlebih dahulu untuk memesan suatu kamar hotel atau ruangan sebelum tamu tersebut menggunakan fasilitas hotel
38.    Dessert
  Hidangan berupa makanan untuk pencuci mulut (perabung) misalnya buah        buah segar (pisang, apel, nanas) roti keju
39.    Dinner
Sentap malam dalam hidangan European Standard Course
40.    Door Knob Menu
Daftar menu yang digantungkan di pegangan pintu. Dalam menu tersebut tamu mengisi daftar makanan yang dipesannya untuk makan pagi. Kemudian petugas malam menyerahkan kepada bagian persiapan hidangan (food and beverage)biasanya menunya terbatas.
41.    Doorman
Pramu pintu, petugas yang melayani tamu-tamu yang masuk dan keluar hotel (misalnya membukakan pintu mobilnya, membantu membawakan barang-barang memegangkan payung untuknya)
42.    Double(Twin) Bed
Tempat tidur ganda (digunakan untuk dua orang)
43.    Double Lock
Kunci ganda yaitu kunci yang dapat diputar dua kali sehingga lebih menjamin keamanan kamar
44.    Double Occupancy
       Satu kamar yang diisi 2x dalam 1 hari
45.    Single Bed
Tampat tidur tunggal (digunakan untuk 1 orang)
46.    Double Lock
Kunci ganda yaitu kunci yang dapat diputar dua kali sehingga lebih menjamin keamanan kamar
47.    Double Occupancy
Satu kamar yang diisi oleh dua orang
48.    Dressing
Bumbu pengiring (misalnya untuk menghidangkan tomat belah dan roti dadu goreng)
49.    Drug Store
Gudang / kios yang menjual berbagai obat dan keperluan pribadi lainnya yang berada di area hotel
50.    Dry Cleaning Service
Pelayanan cuci kering, yakni jasa pencucian dengan mempergunakan solven (tidak mempergunakan air sebagai pembersih)


51.    Early Arrival
Kedatangan dini, yakni tamu datang ketika kamar belum diatur karena masih terlampau pagi.
52.    Entree
Hidangan utama (main course) dalam suatu penyajian European Standard Course
53.    ETA  (Estimated Time Arrival)
Jam tiba berdasarkan perkiraan, mengingat keterlambatan yang pernah terjadi, atau jam tiba yang lebih cepat dari waktu yang tercantum dalam dafar (kereta api, bus, penerbangan dsb)
54.    ETD (Estimated Time Departure)
Jam keberangkatan berdasarkan perkiraan (kereta api, bus, penerbangan dsb)
55.    Extra Bed
Pambahan tempat tidur di dalam kamar hotel yang disewa bila jumlah penghuni kamar melebihi daya tampung tempat tidur yang ada
56.    Extend
       Memperpanjang lama tinggal di hotel 
57.    Family Room
Kamar hotel yang  berfasilitas seperti kamar keluarga, di dalamnya terdapat dua kamar tidur besar yang dapat menampung empat orang sekaligus
58.    Front Desk
Kantor depan hotel tempat pendaftaran tamu yang akan menginap di hotel atau      tempat untuk memproses tamu yang akan meninggalkan hotel (check out)
59.    Front Desk Agent (FDA)
        Petugas kantor depan hotel yang berfungsi ganda sebagai Receptionist   
       dan cashier
60.    Front Office
Bagian kantor depan hotel yang mengurus kedatangan (check-in) dan kepergian tamu (check-out), sekaligus memberikan informasi lengkap yang diperlukan oleh wisatawan yang akan menginap di hotel
61.    Full House
Hotel yang seluruh kamarnya sudah dipesan oleh tamu, sehingga tidak mungkin untuk menerima pesanan kamar
62.    Full Board
Penginapan yang sudah termasuk biaya untuk makan pagi, makan siang dan makan malam
63.    Gastonomist
         Orang yang suka makan enak yang pandai menyusun hidangan yang lezat
64.    Guest Relations Officer (GRO) 
        Petugas yang ada di sekitar lobby yang bertugas menyambut tamu hotel
65.    Go Show (Walk in)   
       Chek in tanpa booking terlebih dahulu
66.    Guarantee Letter
Surat garansi / surat jaminan yang diberikan sebuah perusahaan kepada hotel sebagai jaminan penagihan (perusahaan tersebut telah menjalin kerjasama dengan hotel)
67.    Guest Bill
Rekening / bill tamu yang harus dibayar untuk biaya sewa kamar & hidangan hotel
68.    Guest Card
       Kartu tamu, tanda bukti yang dibawa tamu yang menginap di hotel

69.    Half Board
Penginapan yang sudah termasuk biaya untuk makan pagi dan makan siang atau makan malam
70.    Hotel    
Tempat penginapan yang ditangani secara komersial, dengan menyediakan fasilitas akomodasi yang memadai beserta hidangan dengan pelayanan yang baik

71.    Hotel Arcade (Shopping Arcade)
Bagian hotel yang disewakan kepada suatu perusahaan dalam jangka panjang yang digunakan untuk kantor, toko, biro jasa dsb
72.    House Use
       Kamar hotel yang digunakan untuk ditempati oleh karyawan hotel sendiri
73.    Late Arrival
       Kedatangan terlambat tamu melampaui waktu yang telah ditetapkan
74.    Late Check-Out
Check-out terlambat, meninggalkan hotel setelah melewati batas waktu yang telah ditetapkan
75.    Laundry
Bagian pencucian hotel, tempat para tamu hotel menyerahkan pakaian-pakaian kotor untuk dicuci oleh laundry maid (petugas pencuci)
76.    Laundry List
Daftar cucian tamu (berisi daftar jenis pakaian, tarif cucian, nama pemiliknya)
77.    Limited Hours
       Waktu terbatas bagi tamu yang sudah memesan kamar
78.    Long Staying Guest
Tarif khusus diberikan kepada tamu yang menginap cukup lama di suatu hotel (lebih dari satu bulan)
79.    Marketing Strategy
Strategi kegiatan pemasaran sesuai kebijaksanaan pemanasan untuk mencapai sasaran
80.    Mattrass Pad
       Alas tipis untuk kasur (diatas tempat tidur)
81.    Mini Bar
Lemari Es kecil yang di taruh di dalam kamar dan diisi dengan minuman ringan (soft drink) untuk tamu. Tamu dapat memilih sendiri jenis minuman yang disenangi sedangkan tagihan dapat ditagihkan kemudian
82.    Motel
Akomodasi dengan fasilitas khusus berupa tempat parkir mobil yang luas di dekat kamar-kamar hotel sehingga tamu mudah menempatkan mobilnya di dekat pintu kamarnya. Motel menyediakan fasilitas akomodasi selama kurang dari 24 jam
83.    No Show
Tamu yang tidak jadi dating tanpa pemberitahuan
84.    No Show Charge
Biaya yang dikenakan bagi pemesanan kamar yang tidak jadi menginap tanpa pemberitahuan sebelumnya
85.    Occupied Rooms
       Kamar hotel yang sedang ditempati tamu
86.    Over Booking
Kelebihan pesanan, yaitu suatu keadaan yang menunjukan jumlah pemesanan lebih banyak dari pada jumlah kamar yang tersedia.
87.    Package Tour
Jadual acara perjalanan wisata yang sudah diatur dengan teliti termasuk tarif seluruhnya (akomodasi, transportasi, konsumsi, objek wisata, biaya masuk menonton suatu pertunjukan)
88.    Pass Key / Master Key
       Kunci yang dapat membuka beberapa kamar
89.    Perishable
       Bahan makanan yang mudah rusak. Misal : kol, daging, susu segar, ikan dll  
90.    Poached Egg
Telur yang dipecah kemudian dimasukan ke dalam air mendidih dan dimasak lagi sebentar sehingga putih telur matang menggulung kuning telur yang masih setengah matang
91.    Rack Rate
       Tarif kamar yang berlaku disuatu hotel
92.    Registration Card
       Kartu daftar tamu yang terdaftar di hotel
93.    Rental Space
Ruang hotel yang disewakan kepada pihak luar yang dimanfaatkan sebagai kantor perwakilan biro penerbangan, agen perjalanan, toko cindera mata, kantor, bank dll
94.    Receptionist
Petugas yang menerima tamu hotel ketika pertama kali masuk hotel (check-in) dan memberi informasi kepada para tamu mengenai hal-hal yang bersangkut paut dengan akomodasi
95.    Reservation
       Pemesanan kamar suatu hotel
96.    Room Boy
Petugas yang menangani masalah kebersihan kamar hotel (menghias kamar, membersihkan tempat tidur, mengganti sarung bantal, seprai dll)
97.    Russian Service
Pelayanan gaya Rusia / Soviet yakni suatu pelayanan dimana para tamu siap di kursi masing-masing kemudian pramusaji menghidangkan makanan dan minuman dengan platter, tamu dipersilahkan mengambil sendiri-sendiri hidangan yang disukainya.
98.    Room Service
Hidangan makanan & minuman yang dikirim ke kamar sesuai dengan pesanan pada jam-jam yang telah ditentukan. Sebagian besar hotel menyediakan layanan 24 jam Room Service ini
99.    Safety Chain
Rantai pengamanan pintu kamar yang disarankan digunakan apabila tamu sedang berada di dalam kamarnya (untuk menjaga keamanan)
100.Safety Deposit Box
Kotak tempat menyimpan barang berharga milik tamu hotel yang di taruh di kantor depan hotel (Front Office) atau disediakan di masing-masing kamar
101.Service Charge
Ongkos pelayanan yang dikenakan kepada tamu selama tamu menikmati fasilitas hotel, besar biaya service charge biasanya 10 % dari harga pokok
102.Service Directory
Petunjuk-petunjuk khusus yang dipasang di dalam kamar hotel, sehingga tamu mengetahui hal-hal yang diinginkan, boleh dilakukan dan tidak
103.Single Bed
Tempat tidur tunggal, tempat tidur yang digunakan untuk satu orang (berukuran kecil)
104.Single Occupancy    
       Penghuni tunggal sebuah kamar hotel


105.Side Stand
Meja untuk menaruh bermacam-macam saus dan peralatan bersih yang siap digunanakan (piring, sendok, garpu dll)


106.Skipper
Tamu yang semula menyewa kamar, tetapi tidak menyelesaikan pembayaran terhadap hotel atas biaya sewa kamar dan pelayanan yang telah dinikmati
107.Sleeper
Penambahan jumlah pengisi kamar tanpa pemberitahuan kepada bagian kantor depan hotel
108.Sleep Outs
Tamu yang sudah tercatat sebagai pengisi kamar di suatu hotel (check in), namun tidak tidur dikamar itu. Dia tidur ditempat lain
109.Store Arcade / Store Rental
Bagian dari gedung hotel yang disewakan pihak hotel kepada pihak luar
110.Suite Room
Jenis kamar di hotel dengan fasilitas perlengkapan yang lebih banyak. Selain kamar tidur, juga terdapat kamar tamu, ruang duduk (sitting room), dapur kecil (kitchenette), mini bar, dan fasilitas lainnya sehingga dalam keseluruhannya tampak lebih besar dari kamar-kamar biasanya
111.Telephone Charge
       Biaya telephone yang dibebankan kepada pemakai
112.Telephone Courtesy
       Sopan santun berbincang-bincang lewat telephone
113.Tourist Kit / Sales Kit
Kumpulan beberapa brosur, kartu pos bergambar, dan lain-lain berisi informasi wisata yang bertujuan dengan sarana promosi
114.Traveller’s Cheque
Cek khusus yang dikeluarkan oleh biro perjalanan / bank untuk mengurangi resiko kehilangan uang selama dalam perjalanan
115.Uniform Service
Melayani tamu yang baru datang (membawakan barang-barang, membukakan pintu) menyalakan lampu kamar, menghidupkan AC, membersihkan kantor depan dll)
116.Vacant Room
       Kamar yang masih kosong, kamar yang dapat dipesan
117.Valet
Bentuk pelayanan berupa menandai pakaian para tamu yang akan disetrika oleh Laundry, kemudian mengantarkan kepada pemiliknya dalam keadaan terbungkus rapi.
118.Voucher
Dokumen yang dikeluarkan oleh biro perjalanan untuk wisatawan dan biro perjalanan lain. Dapat ditukar dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia (akomodasi, transportasi dalam kota, makan minum, dll) sesuai dengan apa yang telah dibayar oleh wisatawan kepada biro perjalanan itu.
119.Wake up Calls
Panggilan untuk membangunkan tamu (yang dilakukan oleh bell boy, room boy atau telephone operator)
120.Walk in Guest
Tamu hotel yang datang tanpa mengadakan pemesanan kamar terlebih dahulu. Biasanya seorang tamu akan memesan kamar terlebih dahulu baik melalui biro perjalanan maupun secara langsung
121.Wall to Wall Carpeted Room
       Kamar yang lantainya dilapisi dengan karpet
122.Wardrobe
       Alamari pakaian, almari yang digunakan untuk menyimpan pakaian