Dalam buku - buku yang berhubungan dengan kepariwi-sataan khususnya tentang perhotelan banyak kita temui bermacam-macam definisi tentang hotel, namun dari kesekian banyak uraian tersebut, maksud yang terkandung di dalamnya tetap sama.
Hotel adalah bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial. Disediakan bagi setiap orang yang ingin memperoleh pelayanan, penginapan, disamping pelayanan makan, minum, hiburan dan lain sebagainya. (Proyek Pembinaan dan Pengembangan Sistem Pelatihan Kerja Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Jakarta, 1991, PenEurusan Tata Graha Hotel. Hal. 3.)
Tamu yang akan menginap sudah tentu memilih hotel yang memiliki karnar -kamar beserta sernua fasilitas dan perlengkapannya. Tamu menghendaki tidur dengan aman, seperti tidur di rumah sendiri, bahkan wajarlah bila seorang tamu menuntut lebih nyaman dari pada di rumahnya, karena merasa telah membayar untuk memenuhi keinginannya. Untuk itu hotel harus menyajikan kamar dengan baik, bersih dan aman agar tamu betah tinggal, bahkan memperpanjang malam penginapanya di hotel.
Kunci keberhasilan penyiapan kamar tertentu pada pengurusan keadaan kamar antara lain meliputi: Room Boy/ Room Maid, Floor, Supervisor, linen boy dan bagian yang terkait dalam lingkup organisasi hotel. Kerjasama yang baik harus selalu dibina dan penataan kamar tamu harus disesuaikan dengan kemajuan teknologi sehingga dengan hotel yang kita kelola tetap selalu tampak baik dan menarik.